Situasi di Kwamki Lama Timika Memanas

Timika (ANTARA News) – Situasi di Kwamki Lama, Kelurahan Harapan, Timika, Papua memanas menyusul pembunuhan terhadap Dorkas Wandikbo, Senin (21/9) malam. Warga suku Damal yang bermukim di Jalan Mambruk Jalur III Kwamki Lama sejak semalam terus berjaga-jaga.

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadi serangan dari pihak keluarga korban, aparat kepolisian dari Polres Mimika sejak Selasa pagi diterjunkan ke Kwamki Lama.

Menurut informasi yang dihimpun, pembunuhan terhadap Dorkas dilatarbelakangi masalah perselingkuhan.

Dorkas yang diduga berselingkuh dengan Jhon Kum pada Senin malam sekitar pukul 19.30 WIT tewas setelah ditikam oleh Elkin Uamang, keluarga Jhon Kum.

Korban mengalami luka pada rusuk bagian kanan. Seorang korban lainnya, Lusia Kum menderita luka karena terkena anak panah.

Kedua korban langsung dilarikan ke RSUD Timika, namun nyawa Dorkas akhirnya tidak tertolong.

Sedangkan Lusia telah dirujuk ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika untuk mengeluarkan anak panah dari tubuhnya.

Almarhumah Dorkas rencananya akan dimakamkan siang ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kwamki Lama.

Usai pemakaman, kedua kubu yang bersitegang akan dipertemukan di rumah David Wandikbo untuk mencari solusi atas persoalan yang terjadi.

Kwamki Lama merupakan lokasi pemukiman warga suku-suku dari wilayah pegunungan Papua. Wilayah ini rawan terjadi perang suku.

Pada 2006, perang suku antara suku Damal dan Dani di Kwamki Lama berlangsung selama lebih dari empat bulan hingga menewaskan belasan orang dan ratusan lainnya luka-luka. (*)

COPYRIGHT

Exit mobile version