Cermati Potensi Ancaman di Papua

JAYAPURA (PAPOS) –Warga Kodam XVII/Cenderawasih diminta senantiasa mencermati, mewaspadai dan mengantisipasi berbagai potensi ancaman dan gejolak yang timbul di wilayah Papua. Permintaan itu disampaikan Kasad Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI A.Y Nasution pada upacara peringatan HUT ke-46 Kodam XVII/Cenderawasih di lapangan PTC, Kamis (28/5) kemarin.

Menurut Kasad, kecenderungan peningkatan komplesitas permasalahan di Papua mulai saat pelaksanaaan Pemilu Legislatif hingga berbagai aksi terror dan separatis bersenjata bukanlah tanpa sebab. Semua itu kata Kasad, ditujukan mengganggu stabilitas keamanan wilayah Papua dan Papua Barat.

Setiap permasalahan atau gangguan keamanan yang timbul pada hakekatnya, kata Kasad, tidak secara sporadis dan berdiri sendiri, tetapi merupakan rangkaian sebab akibat dari suatu kondisi, bahkan tidak menutup kemungkinan merupakan rekayasa dari pihak, kelompok atau golongan tertentu.”Cermati berbagai itu,”kata Kasad.

Dalam menghadapi Pilpres mendatang, Kasad juga mengajak warga Kodam XVII/Cenderawasih membangun kerjasama dengan segenap komponen bangsa, sehingga selalu tercipta kebersamaan, ikatan yang kokoh kuat untuk menyelesaikan setiap gejolak dan permasalahan yang timbul.

Selain itu diingatkan oleh kasad, untuk senantiasa mengenali dan pahami semua sisi kehidupan masyarakat. Karena tambahnya, dengan mengenali dan memahami karater budaya adat istiadat Papua, diharapkan berbagai kemudahan akan diperoleh untuk mengajak masyarakat menfokuskan diri kepada upaya-upaya pembangunan.(cr-50)

Ditulis oleh Cr-50/Papos
Jumat, 29 Mei 2009 00:00

Exit mobile version