APO Tabakar

KEBAKARAN : Ganasnya si jago merah membakar hangus puluhan rumah-rumah warga yang bermukim dikawasan APO Bengkel dan APO Gudang Jayapura

JAYAPURA (PAPOS) –Si jago merah, Kamis (29/1) kemarin sekitar pukul 15.15 WIT, mengamuk di APO Bengkel dan APO Gudang, melalap puluhan rumah penduduk yang menghuni kawasan itu.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polisi, namun dugaan sementara awal Api muncul dari rumah salah satu warga yang tinggal di APO Bengkel, dan kemudian merembet ke rumah warga di APO Gudang.

Akibat kebakaran, puluhan rumah rata dengan tanah, dan ratusan KK (Kepala Keluarga) kehilangan tempat tinggal, serta kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Api yang mulai berkobar sekitar pukul 15:15 WIT sulit dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran, meski mobil pemadam Kota Jayapura telah dikerahkan menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Hal itu, mengingat lokasi kebakaran sulit dijangkau petugas, karena kondisi jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, ditambah angin berhembus kenjang, membuat api dengan leluasan membakar rumah warga.

Dari pantauan Papua Pos dilapangan bisa dilihat betapa paniknya warga. Mereka berusaha menyelamatkan barang-barang, walaupun api dengan cepat menjalar ke arah samping rumah mereka.

Ada yang mencoba untuk mengevakuasi barang-barang ke rumah tetangga yang berseberangan jalan. Tak kelak banyak warga korban kebakaran terutama kaum perempuan menangis histeris menyaksikan rumah mereka yang dilahap si jago merah (api,red).

“Ijazah saya ada dibawa TV bagaimana nanti saya cari kerja,” ungkap salah satu korban dalam isak tangisnya.

Tangisan histeris anak-anak dan perempuan dari para korban terus terdengar. Sementara itu, kaum pria bahu-membahu membantu petugas pemadam kebakaran dengan air sedanya disertai harapan api tidak menyalar luas.

Kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah warga APO tersebut mendapat perhatian serius dari pemerintah dan instansi-instansi terkait. Terbukti saat api terus berkobar bantuan langsung dikerahkan berupa tenda-tenda darurat.

Tenda-tenda yang merupakan bantuan dari Kodim 1701 Jayapura, Pemerintah Kota Jayapura, Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Jayapura, langsung didirikan di depan kantor KPU kota Jayapura.

Wakil Walikota Jayapura H Sudjarwo BE mengatakan, pemerintah Kota segera akan mendirikan posko-posko guna menampung para korban. “Posko akan dibangun di sini untuk penampungan para korban dan kita sudah koordinasikan dengan tim medis serta dokter untuk membantu para korban,” ungkap Sudjarwo di TKP.

Didirikannya posko untuk penampungan warga korban kebakaran yang belum diketahui pasti jumlahnya, karena korban terpencar menyelamatkan diri barang yangh bisa diselamatkan,.

“Bantuan bukan hanya posko penampungan, tapi juga bahan makanan (Bama) dan peralatan lainnya,”kata Sudjarwo.

Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf Imam Santosa menjelaskan, bantuan dari Kodim berupa empat buah tenda dimana nantinya akan ditambahkan tergantung kondisi dilapangan.

Dijelaskan oleh Wakil Walikota, pihaknya masih kesulitan mendirikan tenda, karena situasi tempat tersebut terkendala dengan parkiran mobil, sehingga seharusnya enam tenda bisa didirikan, namun ternyata hanya tiga tenda saja yang dipasang.

Hingga berita ini diturunkan belum bisa dipastikan berapa jumlah korban, berapa rumah yang terbakar serta berapa kerugian yang dialami, namun kobaran api hingga pukul 18:00 WIT sudah bisa dijinakkan petugas pemadam kebakaran.

Berkobarnya si jago merah yang melahap ratusan rumah warga APO ini tak luput dari perhatian masyarakat. Banyaknya warga yang ingin menyaksikan mengamukan si jago merah akibatnya arus lalu lintas di depan jalan Sam Ratulangi macet.(lina)

Ditulis Oleh: Lina/Papos
Jumat, 30 Januari 2009
http://papuapos.com

Exit mobile version