Protes Pembebasan OPM, Massa HTI Demo Kedubes AS

Rachmadin Ismail – detikNews
Jakarta – Puluhan aktivis Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) demo di depan Kedubes AS memprotes tindakan anggota kongres AS yang meminta 2 anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) dibebaskan.

Massa HTI yang akan berunjuk rasa diperkirakan sebanyak 500 orang. Namun yang baru datang baru sekitar 50 orang.

Massa HTI mulai berdatangan secara bergelombang di Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (9/8/2008) sejak pukul 09.45 WIB.

“Kami memprotes aksi intervensi AS ke Papua,” kata koordinator lapangan HTI, Sodiq Ramadhan.

Aksi diisi oleh orasi-orasi yang intinya meminta AS tidak mengintervensi Indonesia. Massa HTI juga mengibarkan bendara dan 6 spanduk bertuliskan “HTI Menolak Intervensi AS.”

HTI juga meminta agar pemerintah tidak terpengaruh oleh intervensi anggota kongres AS dan meminta masyarakat di Papua tetap mendukung NKRI.

Sekitar 50 aparat kepolisian tampak berjaga-jaga. Arus lalu lintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan dan sebaliknya masih lancar.

40 Anggota Kongres AS menyurati Presiden SBY meminta agar 2 anggota OPM, Filep Karma dan Yusak Pakage dibebaskan tanpa syarat. Mereka menilai tindakan Filep dan Yusak itu merupakan wujud dari kebebasan mengeluarkan pendapat.(aan/djo)

Exit mobile version