Orang Jepang Heran, Papua Bagian Indonesia

JAKARTA-Selain Bali, banyak warga Jepang yang tidak tahu bahwa beberapa pulau terkenal di Nusantara adalah bagian dari Indonesia. Hal itu terungkap pada pameran foto bertema Indonesia Latest 10 Years dalam Indonesia-Japan Photo Exhibition (IJPE) 2008 yang kini diadakan di Tokyo.

Pameran yang diikuti 44 fotografer Indonesia, baik amatir maupun profesional, tersebut menampilkan 100 karya foto yang menggambarkan keindahan alam, keanekaragaman budaya, potret manusia, serta peristiwa aktual yang terjadi di tanah air dalam satu dasawarsa terakhir.

Pameran yang dihelat di Galeri JCII (Japan Camera Industry Institute) Club 25, Tokyo, tersebut menyuguhkan foto-foto secara riil tanpa ada manipulasi digital dari seluruh Indonesia. Acara tersebut berlangsung dua minggu, sejak 29 April sampai besok (11/5).

Banyak warga Jepang pengunjung pameran yang tak percaya bahwa keadaan dalam foto-foto itu adalah gambaran alam Indonesia. Mereka terkesima melihat gambaran pemandangan di Pananjakan, kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, serta berbagai tampilan kehidupan masyarakat di Kalimantan.

”Selama ini, masyarakat Jepang lebih mengenal Bali sebagai daerah tujuan pariwisata daripada Indonesia secara keseluruhan. Padahal, faktanya, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya keanekaragaman budaya,” kata Takanobu Mori, salah seorang koordinator IJPE.

Menariknya, ada beberapa pengunjung yang heran pada luasnya wilayah Indonesia. ”Saya heran, mengapa Papua ada di sini. Saya baru tahu bahwa ternyata Papua adalah bagian dari Indonesia’ atau seperti ‘Oh… ternyata sebagian besar Borneo (Kalimantan) adalah Indonesia. Sejak dulu saya selalu mengira itu Malaysia,” ungkap Takanobu mengutip kesan pengunjung.

Pameran foto yang dikuratori Arbain Rambey (Kompas), Oscar Motulloh (Antara), dan Yuyung Abdi (Jawa Pos) tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang turut memarakkan peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang atau Golden Year of Friendship Indonesia-Japan 2008.

Setelah even di Tokyo itu, IJPE 2008 akan melakukan road show di Indonesia yang dimulai di Jogjakarta, yakni Griya KR (Kedaulatan Rakyat) pada 18-25 Agustus 2008. Pada even tersebut, IJPE 2008 juga akan menampilkan karya foto para fotografer Jepang. (yy/el)

Exit mobile version