Gen. TPN PB Mathias Wenda: PDP adalah Nama Lain dari TPN/OPM

Nov 2, 2003
Author: WPNews

– Siapa Mau Membubarkannya sama saja dengan Melawan Kedaulatan Rakyat Papua Barat
Menanggapi pernyataan Alex Mebri (mantan atau pelarian yang mengaku diri anggota OPM) di berbagai media massa Indonesia seperti dalam WPNews, Editorial Kolektif WPNews mewawancarai langsung Panglima Tertinggi TPN/OPM untuk meminta keterangan lanjutan tentang “rapat umum” seperti diakui Mebri.

Berikut petikan wawancara per telepon.

WPNews: Selamat pagi, ketemu lagi Bapak lewat telepon.

TPN/OPM: Selamat pagi anak-anak, ada berita apa dan tanya apa lagi?

WPNews: Kami mau tanya tentang rapat akbar yang Bapak selenggarakan dengan rencana untuk membubarkan Presidium Dewan Papua (PDP) seperti dilansir berbagai media massa Indonesia.

TPN/OPM: Wah, bingung kah? Kesalahan kamu yang pertama adalah kamu mau tanya Bapak karena laporan media massa Indonesia. Kenapa kamu harus begitu? Kenapa harus tanya? Kamu kan tahu sendiri, itu media penjajah, kenapa harus kamu tanya lagi? Memang mereka punya kewajiban untuk manipulasi opini supaya rakyat Indonesia rasa tenang, karena sementara ini mereka marah, jadi mereka mau kasih tenang. Kenapa orang Papua harus tanya seperti ini?

WPNews: Lalu… (dipotong)

TPN/OPM: Dengar dulu, kamu punya kesalahan. Kedua, kalian tahu siapa Aleks itu? Kalau tidak tahu kenapa harus menjadi pertanyaan? Kenapa kalian masih lagi percaya kepada kaki tangan NKRI? Kenapa kamu tidak bisa anggap orang-orang seperti itu angin lalu saja? Kenapa kamu tidak tahu bahwa itu omongan seharga sepiring nasi?

Ketiga, Indonesia nyata-nyata GAGAL BESAR dalam apa yang mereka bilang “membangun Papua” karena ternyata mereka tidak sanggup dan tidak akan pernah bisa membujuk orang Papua untuk tetap tinggal dengan NKRI. Mereka tangkap orang-orang ‘mantan’ di pinggir jalan, dikasih makan, dibayar, lalu disuruh omong ini dan itu. Orang Papua mana yang mau dengar kepada para mantan-mantan itu?

WPNews: Katanya mau bikin dewan adat lalu gantikan PDP?

TPN/OPM: Masih percaya lagi? Begini, Dewan Adat di manapun di dunia ini dilindungi oleh Undang-Undang Nasional dan Internasional. Kamu baca baik-baik UU itu semua. Semua Dewan Adat di dunia terjamin secara hukum dan malahan dilindungi dengan banyak sekali aturan. Lalu, Dewan Adat itu bukan Dewan Politik atau Dewan Militer Papua Barat. Mereka urus adat, urus hukum adat, urus nilai adat, urus perkara adat. Mereka tidak urus politik. Hanya NKRI yang selalu lihat Dewan Adat di Papua Barat sebagai alat politik, karena mereka miskin dengan pengetahuan tentang hal-hal ini. Kalau Ketua-Ketua Adat bangkit membela rakyat mereka, itu karena mereka punya peran sebagai Kepala Adat, Kepala Keluarga dari Adat itu, bukan karena mereka politikus atau tentara Papua Barat.

Jadi, kalau ada yang pakai nama Adat untuk menggantikan PDP, maka itu jelas permainan Indonesia karena yang tidak tahu adat adalah Indonesia itu. Jadi mereka pikir, setelah itu mereka mau larang semua Dewan Adat karena mereka mau matikan PDP, dan lain-lain. Dengan begitu mereka mau ciptakan persoalan antara orang Papua sendiri. Bapak harap orang PDP pintar baca ini. Mereka pintar.

Jadi, PDP harus tahu, bahwa Dewan Adat suku mana saja yang ada di tanah air itu harus dilindungi, dipelihara dan perlu ada kerjasama, tetapi bukan dalam rangka menjalankan mandat yang diberikan kepada PDP, tetapi dalam urusan adat, karena orang PDP juga orang adat.

WPNews: Kata Aleks bahwa kemerdekaan yang dia inginkan adalah kemerdekaan ekonomi, sosial bukan politik?

TPN/OPM: Itu bahasa basi, sudah kuno, bukti kemiskinan pengertian mereka tentang suara orang Papua. Bahasanya sama saja dengan Panglima Kodam Trikora, Gubernur Koloni Papua, tahu kah? Mereka sama saja, satu aliran, satu bahasa, satu hati, satu negara, satu bangsa. Kalian mau dengar mereka? Mau ditipu lagi? Saya tahu kalian tidak sebodoh yang mereka pikir.

WPNews: Kalau seandainya Aleks Mebri benar-benar mewujudkan niatnya?

TPN/OPM: Kamu ada di mana? Saya ada di mana? Kita semua mati baru bisa toh? Takut apa lagi? Ini kita ada pada pihak kebenaran! Kita tidak akan kalah! Kita sudah menang. Tinggal PDP saja yang perlu mainkan perannya dengan berani dan tidak menipu banyak.

WPNews: Dulu Panglima Operasi Dalam Negeri Alm. Kol. TPN PB Simon Alom pernah pimpin pasukan Bapak untuk tutup Kantor PDP dan Foreri tanggal 30 Agustus 2000, apakah ada hubungan?

TPN/OPM: Oh, itu perintahnya lain, itu isunya lain, dan alasannya juga lain. Bapak perintahkan itu karena PDP waktu itu tipu banyak. Bukan karena saya mau “merdeka” seperti yang Mebri bilang itu. Tapi karena saya mau PDP bikin seperti yang dia bilang, tidak putar balik. Secara hukum memang, kunci pintu kedua kantor itu masih Bapak pegang. Itu bukti bahwa PDP secara hukum adat Papua sudah diambil alih oleh TPN/OPM. Mereka sadar atau tidak, itu fakta.

WPNews: Artinya PDP sudah dibubarkan oleh TPN/OPM?

TPN/OPM: Artinya, TPN/OPM sudah menang. Artinya sekarang ini suara murni rakyat Papua yang sedang jalan di dalam PDP. Jadi, PDP sekarang adalah nama lain dari TPN/OPM.

Tetapi Bapak tahu, masih ada anggota PDP yang kelelawar dan sundal karena mereka jual diri kepada orang Barat dan orang Indonesia. Tetapi tanah Papua tidak buta. Tanah ini ada orang yang punya. Yang punya itu akan, sudah dan sedang menghakimi mereka. Penjilat bangsa Papua akan lenyap sebelum kita menginjak Tanah Kanaan, tanah perjanjian itu.

Exit mobile version